Tak Berhingga atau 1/0 (Infinity)

Oleh: Satria Sukma Bhuwana

InfinityKetika kita masih dibangku sekolah dahulu tentunya kita sudah diajarkan bahwa 1/1=1 0/1=0 dan 1/0= tak berhingga  (Infinity.)

Menarik untuk kita bahas disini kaitannya dengan pesan suro (lupa pada tahun keberapa) (Tahun 2003. Red) dari Kyai Ganjel yang hanya terdiri dari dua kalimat : “ Hidup bagai Raja. Kosong Ego”. 

(Lengkapnya: “JALANI HIDUP DENGAN KOSONG EGO, NIKMATI HIDUP SEPERTI RAJA, BERBUAT BAIK UNTUK HIDUP BAIK, HIDUP BAIK DALAM KASIH, KASIH ITU KOSONG EGO, RAJA ITU PUNYA PERANAN UTAMA”. Red) 

Hidup bagai raja ini jangan diartikan hidup yang berfoya-foya, duduk disinggasana dan dikelilingi wanita cantik yang mengipas-ngipas agar sang Raja menjadi nyaman. Namun hendaknya diartikan sebagai BERPERANAN UTAMA, bukankah ini inti peran yang seharusnya dari seorang raja?

Kosong Ego lebih diartikan kepada sifat yang TIDAK MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI dan  lebih memilih untuk melayani sesama.   

Bagi saya, ini mengingatkan pada perjalan hidup seorang Kyai Ganjel, yang telah secara nyata mempraktekkan sendiri kedua ajakannya ini. Saya sungguh kagum pada Guru.

Amazingnya lagi didalam buku Conversation With God (CWG) ada tertulis sebuah ajakan: “Live like a King, Need Nothing!” Alangkah miripnya ajakan ini, sama-sama cuma  dua kalimat yang sederhana pula!  Kenapa ya Guru dan CWG  mengajak kita semua untuk mempraktek kedua pesan ini?

Perhatikanlah statement matematika ini: 1/1=1 . Jika kita berperanan utama (1 yang diatas) namun juga tetap mementingkan diri sendiri (1 yang dibawah) maka hasilnya kita cuma maju 1 langkah kedepan.

Bandingkan dengan stetement yang ini: 1/0.5=2. Jika kita berperanan utama, lalu kita mulai mengurangi sifat egois kita (manusia cenderung egosentris) ke setengahnya saja, maka hasilnya adalah kita melangkah maju lebih jauh…yaitu 2 langkah kedepan. Yang terakhir, perhatikan statement ini: 1/0=Tak Berhingga (nfinity). Jika kita berperanan utama , lalu juga kosong ego, hasilnya adalah kita melangkah maju jauuh sekali, alias mendekati Infinity!! Coba lihat kamus Inggris Indonesia, arti INFINITE adalah: Tanpa Batas, Sangat Besar, dan….TUHAN! 

Kini jelaslah sudah apa maksud dari ajakan “Hidup bagai Raja, Kosong Ego” dan “Live like a King, Need Nothing” yang diceritakan diatas. Intinya adalah kita semua diajak untuk sebisa mungkin menjadi serupa dengan Dia! Dengan kata lain kita diminta untuk ingat kembali siapa kita sebenarnya. Kita adalah Anak-anak Allah yang segambar dan secitra denganNya. Maka jadilah kita semua seperti itu, caranya dengan menjalani hidup yang BERPERANAN UTAMA serta TIDAK MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI.

Salam

Tak Berhingga (1/0) = Infinity

Comments are closed.

Gantharwa