“THREE IS THE SIGNATURE OF GOD”

Oleh : Satria Sukma Bhuwana

Dear para kadang,
Senang bisa berkumpul di alam maya dan berdiskusi bersama. Terimakasih buat mas David yang sudah melakukan “outstanding achievement” dengan meng-create situs ini untuk kita semua.
Saya punya cerita yang amat unique yang ingin saya sharingkan kepada para kadang semua, nanti silahkan ditanggapi ya? Awalnya ketika saya bekerja sebagai dokter di RS St.Borromeus, seorang teman sejawat saya dari RS St.Yusup (dr.Erwin) mengajukan pertanyaan: “Alkitab memiliki angka keramat, hayo angka berapa?” …berhubung pada gak tahu beliau menyebutkan: “…angka 3!” Lho kenapa?
1. Berapa orang dalam keluarga kudus? Yosef, Maria, Yesus (3!)
2. Berapa Raja majus yang datang waktu Yesus lahir? 3 Raja!
3. Yesus di goda Setan waktu puasa 40 hari berapa kali? 3x dong!
4. Waktu Yesus bertanya kepada Petrus: “Apakah engkau mencintaiKu?” “Ya Tuhan, aku mencintaiMu…” “..kalau begitu Gembalakanlah domba2Ku!”…Yesus mengulang sampai berapa kali? 3x ! (Sampai Petrus nangis tu…”)
5. Waktu ayam berkokok, Petrus sadar bahwa dia telah menyangkal Yesus berapa kali? Yak! 3x!
6. Yesus itu hidup jadi tukang kayu berapa tahun? 30 tahun!
7. Lalu berkelana berapa tahun? Ya 3 tahun dong?
8. Ketika Yesus memanggul salib, Dia jatuh berapa kali hayoo..3x!
9. Di Golgota ada berapa salib? 3!
10. Jam berapa Dia wafat? Jam 3 sore!
11. Umur berapa Dia waktu wafat? 33 tahun!
12. Kapan Dia bangkit? 3 hari kemudian!
13. Dll….. coba kalo ada yang nemu angka 3 lagi didalam alkitab kasih tahu saya ya? Oh ya murid Yesus ada 12 dan 1+2=3 juga hehe…

Lalu saya merenungkan angka ini apa maksudnya ya? Kok bisa berulang begitu? Apa ada maknanya? Sekarang coba perhatikan jargon Kristen yang TRITUNGGAL ada unsur 3&1, juga coba perhatikan lambang kaligrafi “ALLAHUAKBAR” tidakkah para kadang juga melihat “sebentuk” angka 3&1?? Lalu coba tirukan posisi tangan patung Sang Budha dalam meditasi, 3 jari tegak, ujung jempol dan telunjuk dipertemukan. (Nah sorry ni, kita quantum leap bentar kemasa sekarang, yang berkut ini terjadinya baru-baru ini) : Pernah lihat lambang Aoum? Saya dapat langsung dari orang India nya waktu saya tugas ke Singapore kemarin, ini dia : 3/3 (tapi dalam bentuk diukir-ukir gitu deh) Hlah…3/3 kan=1 !!!!!! Temanku itu namanya Krishnan Bala, dia bilang kata Aoum sebenarnya terdiri dari 3 suku kata A-O-UM, yang maknanya “voice of the space”. Lalu ada Trimurti, Tripitaka dll…
Kebingungan dan penasaran berlanjut deh, lalu entah kenapa saya mulai melihat diri saya sendiri akan keberadaan angka 3 tersebut :
1. Saya anak ke 3 (dari 5 anak) dan merupakan anak pertama dari 3 yang cowok.
2. Nama saya Leonardus Hariwishnu. Wishnu adalah 1 dari 3 dewa to?
3. Ulang tahun saya 5 Juli (5+7=12 & 1+2 = 3)
4. Saya generasi ke 13 Kanjeng Susuhunan Prabu Amangkurat Jawa.
5. Rumah saya di Bandung itu dulu alamatnya Cipaku 1 no. 5 tapi pak RT sejak 8 tahun yang lalu merubahnya menjadi Cipaku 1 no. 3 untuk alasan penertiban nomer rumah.
6. Saya dokter yang PTT di RSUD Subang selama 3 tahun
7. Waktu saya menikah di Hotel Papandayan rupanya nomer kamarnya 303.
8. Saya masuk RS Borromeus usia 33 tahun dan dapat NIK : 03-01-03 B
9. Saya perrnah kerja di Aegis Jakarta di lantai 12, kost di Karbela Selatan 3 no 12, dilantai 3, no 301, dan harga kamar itu 1,3 juta hehehe..ampun deh
10. Disana saya punya teman kerja namanya dr.Arinta, saya ceritakan fenomena angka 3 ini yang banyak saya lalui dalam hidupku, lalu dengan cengengesan dia bilang: “ aku lahir tgl 13 Oktober lho mas..”
11. Lalu ada teman dekat saya yang selalu menjadi tempat curhat dan selalu mensupport saya ketika sedang jatuh, ternyata belakangan saya tahu ayahnya bernama d’Artagan. Loh…itukan mengingatkan pada cerita Three Musketeer yang adalah gabungan dari d’Artagan + tiga ksatria kerajaan: Porthos, Athos, & Aramis. 1 & 3 ni yee…
12. Ketika saya pindah kerja di Jardine Lloyd Thompson / WTC Jakarta, kontrak kerja (karyawan tetap) ditanda-tangani tgl 13 Desember.
13. Nomer extension ku di kantor yang sekarang adalah 613, padahal saya lihat nomer lain seperti 618, 620 dll sudah ada sebelumnya, jadi nomer 613 ini seperti sudah “diperuntukkan” bagi saya hehe…
14. Jumat lalu (tgl 9) ada teman kantor, namanya Sitha, iseng-iseng dia lihat telapak tangan kiriku, lalu dia bilang “…tunggu tahun 2010 ya dok, akan ada kejutan besar!” Eh, sekarang saya umur 36 , tahun 2010 itu 3 tahun lagi ya, jadi umurku 39 tahun saat itu, nah 3+9=12, 1+2=3 …….walah jangan-jangan beneran ada kejutan! Hmmm..2010 ya?….2+0+1+0=3 loh hehehe parah nih!
15. Yang terakhir nih, ketika saya buka website gantharwa dan baca-baca kisah pak Joko, ternyata nama beliau itu lengkapnya JOKO LELONO TRIHARGONO atau Lelaki yang mengembara di tiga gunung. Nah lo, ada yang bisa jawab gak kenapa tidak 2 gunung? Atau 5 gunung mungkin? Jawabannya ada dibawah nih…terusin bacanya ya?

Nah suatu saat saya mendapat pinjaman buku berjudul “Conversation with God” dari mas Lilik. Buku itu ada 3 jilid dan percaya deh; ibaratnya buku ini pelajaran Gantharwa jilid II ……..! Isinya amat sangat mirip ajaran bapak. Di salah satu lembar tertulis sebagai berikut: TRIUNE IS THE SIGNATURE OF GOD……………deggg! Jantungku seperti berhenti, saya baru sadar bahwa kalimat itu adalah kalimat yang saya cari-cari selama ini! Rupanya itu makna angka 3. Tuhan mau hadir didalam hidup umat manusia yang dikasihiNya! Disitu diterangkan awal terjadinya si angka 3. Awalnya cuma ada satu, semuanya adalah AKU, lalu AKU menciptakan yang BUKAN AKU, jadi sekarang ada 3 : AKU, BUKAN AKU, & space diantaranya. Namun dalam ultimate reality semuanya adalah AKU! Semua yang berasal dari AKU menuruti pola (pattern) 3 ini…..BAPA, PUTRA & ROH KUDUS, kamu pun AKU ciptakan dalam konsep tri-unitas : Roh, jiwa, & raga, lalu ada proses CREATIVE yang urutannya adalah pikiran perkataan dan perbuatan.
Para kadang yang terkasih, karena judulnya sudah terbahas, mungkin saya sudahi dulu ya? Nanti kalau ada yang tertarik untuk membahasnya lebih lanjut pasti saya ladeni.

Kind Regards,
dr.Leonardus Hariwishnu

“THREE IS THE SIGNATURE OF GOD”

Comments are closed.

Gantharwa